Jalan Raya Ragunan Berubah Fungsi Jadi Lapak PKL. Pihak Berwenang Terkesan Tutup Mata dan Membiarkan - Mediapolisi.id
POLSEK

Jalan Raya Ragunan Berubah Fungsi Jadi Lapak PKL. Pihak Berwenang Terkesan Tutup Mata dan Membiarkan

Mediapolisi.id, Jakarta – Pemandangan semakin tidak menarik kembali menghiasi sepanjang Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu. Ratusan pedagang kaki lima (PKL) berjualan dengan leluasa di sepanjang jalan raya tersebut. Mereka menggelar lapak dagangannya hingga ke badan jalan.

Aktivitas PKL ini sudah berlangsung cukup lama, tanpa ada usaha penertiban oleh pihak terkait.

Sembrawut, macet dan kumuh, terkesan jadi menu rutin ketika melintasi Jalan Raya Ragunan setiap malamnya.Bahkan, hingga jam 06.30 Wib, kerumunan PKL masih belum beranjak dari lapak mereka.

Berkali-kali usaha penertiban PKL sudah diakukan. Bahkan, tidak kurang, wakil walikota Jakarta Selatan, Isnawa Adji, di penghujung tahun 2020 lalu langsung turun ke lapangan dengan ratusan petugas gabungan. Sayangnya, situasi tertib dan nyaman hanya berlangsung dalam hitungan hari. Setelah itu, ratusan PKL tersebut kembali berjualan seperti biasa.

Kini, permasalahan klasik tersebut semakin menimbulkan perasaan tidak nyaman warga dan pengguna lalu-lintas. PKL sepertinya semakin berani berjualan di badan jalan. Padahal, badan jalan sudah dipisahkan oleh separator. Tapi, hal ini tidak menyurutkan semangat PKL untuk mengokupasi jalan jadi lapak dagangan mereka.

Terkait informasi di atas, ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu, Arief Wibowo, Camat Pasar Minggu membenarkan bahwa keberadaan PKL tersebut sulit diatasi. Dia menduga bahwa ada pihak-pihak tertentu yang mengkoordinir keberadaan mereka.

Arief juga beralasan, bahwa tugas penertiban ada di tangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Baik di tingkat kelurahan, kecamatan ataupun di tingkat kotamadya.

Dia menambahkan bahwa jumlah personil Satpol PP di tingkat kelurahan dan kecamatan Pasar Minggu sangat tidak seimbang untuk menertibakan ratusan PKL tersebut. Sehingga usaha penertiban akan sulit dilakukan. (Red)

 

Related posts

Lagi, PAC Pemuda Pancasila Pasar Minggu Salurkan Keping Mahatidana Kepada 2 Pelaku UMKM di Acara Doa Bersama Yatim

redaksi

Yedi, Mudah-mudahan Hadirnya Keping Mahatidana Binaan UMKM PAC Pasar Minggu Makin Sukses

redaksi

PAC Pemuda Pancasila Pasar Minggu Buka Gerai ZIS di Kantor MPW DKI Jakarta

redaksi

Leave a Comment