Pihak-Pihak Tertentu yang Diduga Kelola Keberadaan PKL di Sepanjang Jalan Raya Ragunan Pasar Minggu, Akan Dilaporkan ke Satgas Saber Pungli Jakarta Selatan - Mediapolisi.id
PATROLI

Pihak-Pihak Tertentu yang Diduga Kelola Keberadaan PKL di Sepanjang Jalan Raya Ragunan Pasar Minggu, Akan Dilaporkan ke Satgas Saber Pungli Jakarta Selatan

JAKARTA, MEDIAPOLISI.ID – Ada gula ada semut. Sebuah pepatah yang sudah sangat populer dalam keseharian kita. Demikian juga halnya dengan keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jalan Raya Ragunan Pasar Minggu, telah menjelma jadi ruas jalan yang menguntungkan berbagai pihak. Setiap malam, dari jam 22 Wib hingga jam 07 Wib, ratusan PKL menggelar lapak dagangannya dengan leluasa.

Keberadaan PKL tersebut, sebetulnya sudah mendapatkan protes puluhan kali dari warga dan pengguna jalan. Trotoar dan bahu jalan mereka okupasi untuk berjualan. Sehingga suasana sembrawut, kumuh dan macet jadi menu sehari-hari ketika melewati jalan raya tersebut.

Sulitnya mengatasi PKL tersebut, juga disebabkan adanya dugaan pihak-pihak tertentu yang memang mengkoordinir dan mengambil keuntungan mereka.

Menjawab hal ini, Gita Puspita Sari, Lurah Pasar Minggu dan Irfan Djahir, Kasatpol Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan Pasar Minggu sepakat mempersilahkan mediapolisi.id atau pihak yang berwenang membuktikannya.

Irfan menegaskan bahwa sesuai Perda 8 tahun 2007. Satpol PP melakukan penegakan Perda sesuai Standar Operasional yang sudah ditentukan. Hal tersebut sudah dilaksanakan Irfan dan semua anggotanya. Adanya unsur-unsur yang meraih keuntungan dari situasi itu, Irfan memilih diam. Tapi yang pasti, bagi dia, itu jadi pilihan masing-masing orang. Dan pilihan tersebut juga disertai konsekwensi hukum di belakangnya, jelasnya.

Ketegasan dalam menjalankan tugas sudah jadi komitmen bagi Irfan yang dia buktikan dengan semua anggotanya setiap hari.

Terkait tindak-lanjut hal di atas, menurut sebuah sumber yang tidak bersedia identitasnya dipublikasi, aktivitas PKL dan pihak-pihak yang menerima keuntungan akan dilaporkan ke Satgas Saber Pungli Jakarta Selatan. Tuntutan untuk dilaporkan ini, sumber tersebut mengaku adalah desakan dari berbagai pihak.

BACA JUGA :  Seorang Pemuda Miliki Sabu, Diciduk Satres Narkoba Polres Cilegon

Ketika ditanya, apa saja dari aktivitas mengelola PKL yang terindikasi adanya pelanggaran hukum dan nama-nama siapa saja yang terseret, sumber hanya diam dan tersenyum tipis. Sumber juga tidak mau menjawab ketika ditanya, kapan akan dilaporkan ke Satgas Saber Pungli Jakarta Selatan.

“Kita tunggu saja perkembangan dan tanggal mainnya,” ujar sumber pasti.

(Red)

Related posts

Bikin Ulah di Barak, 6 Pemuda Digelandang Polisi

redaksi

Pernyataan Lengkap Para Tokoh Kalsel Menanggapi Penyebaran Corona

redaksi

Brigjen Pol Ida Oetari: Konferensi IAWP Jadi Langkah Polwan Menuju Panggung Utama Pemolisian

redaksi

Leave a Comment